28

21 Hewan Herbivora Lengkap dengan Pengertian & Ciri-cirinya.

Pernahkah kamu mendengar jenis hewan herbivora?. Pastinya sudah tidak asing lagi bukan, apalagi untuk anak kelas ipa. Buat kamu yang belum mengetahuinya dan ingin tahu contohnya kamu bisa baca tulisan ini sampai selesai.

Pengertian Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah sekelompok binatang pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan bertahan hidup dengan memakan rerumputan dan dedaunan yang ada disekitar mereka.

Umumnya hewan ini memiliki 3 jenis gigi yaitu, gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. Akan tetapi gigi taring yang dimiliki hewan ini tidak terlalu tajam.

Hewan pemakan tumbuhan merupakan hewan darat yang tersebar diberbagai belahan dunia yang memiliki sifat jinak. Sehingga hewan ini sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

Agar kita dapat mengetahui jenisnya, kita bisa cari tau berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Hidup secara berkelompok.
  2. Hidup dan berkembang biak di darat.
  3. Rumput adalah sumber makanannya.
  4. Berkembang biak dengan beranak (vivipar).
  5. Merupakan hewan menyusui (mamalia)
  6. Memiliki gigi geraham yang lebar
  7. Termasuk hewan bertulang belakang.
  8. Merupakan hewan berdarah panas
  9. Kebanyakan memiliki kaki empat.

Bentuk Hewan Pemakan Tumbuhan

Kebanyakan hewan pemakan tumbuhan memiliki 3 bentuk ciri khusus sebagai berikut.

  • Memiliki bentuk gigi yang diadaptasi untuk memotong dan mengunyah.
  • Memiliki lambung banyak atau caecum yang pancang.
  • Bersimbiosis dengan mikroorganisme selulolitik.

Contoh Hewan Herbivora dan Penjelasanya

Dari penjelasan diatas pastinya kita sudah dapat memahami. Akan tetapi tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan contohnya.

1. Sapi

Sapi merupakan hewan ruminansia atau sering disebut juga hewan pemamah biak. Hewan ini memilliki nama ilmiah bos taurus yang menjadi hewan penghasil daging dan susu.

Selain itu sapi juga banyak dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah ataupun mengangkut barang. Tidak hanya itu kotoran sapi juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanah.

2. Kambing

Kambing merupakan hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan ternak. Daging kambing yang kaya akan protein banyak dijadikan sebagai daging konsumsi.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa menikmati daging hewan yang satu ini.

Selain daging, kulit kambing juga biasa dimanfaatkan untuk kendang. Sedangkan kotorannya sendiri biasa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk.

Susu kambing juga memiliki gizi yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus jika dikonsumsi.

3. Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang sangat imut dan juga jinak. Sehingga hewan ini banyak sekali dijadikan sebagai hewan ternak.

Untuk menternaknya sendiri tidak terlalu sulit dan makanannya pun sangat udah didapat. Kelinci sangat suka dengan sayuran seperti kangkung, atau jenis rerumputan.

Hewan yang satu ini biasa dimanfaatkan dagingnya untuk dijadikan sate. Konon rasanya enak seperti daging ayam, akan tetapi daging kelinci lebih enak lagi.

4. Panda

Panda merupakan binatang lucu yang banyak ditemukan di wilayah cina. Mereka sangat suka sekali memakan bambu yang masih muda.

Cara hidup hewan ini adalah secara berkelompok dan tinggal di satu wilayah. Akan tetapi hal yang sangat disayangkan adalah populasinya yang sangat sedikit.

Hal tersebut dikarenakan pemburuan liar, sehingga panda merupakan hewan yang terancam punah.

5. Rusa

Jika kalian pernah berkunjung ke kebun binatang pastinya kalian pernah melihat rusa bukan. Yap, hewan yang terancam punah ini hanya terdapat pada kebun binatang saja.

Itupun jumlahnya tidak banyak, paling dalam satu kandang ada 2-4 ekor saja.

Rusa merupakan hewan yang berasal dari Australia dan Antartika. Hewan ini termasuk dalam jenis spesies cerviade, dan makanannya adalah rumput dan gulma.

6. Gajah

Gajah merupakan hewan yang paling di agungkan di negeri Thailand. Hewan yang memiliki postur tubuh besar ini merupakan hewan menyusui. Gajah biasanya berhabitat di hutan, sabana, dan gurun.

Hewan ini memiliki mata yang sipit dan kupingnya yang lebar serta belalai yang panjang. Gajah juga merupakan hewan yang pintar, maka dari itu banyak dijadikan sebagai hewan sirkus.

Dalam habitatnya gajah hidup secara berkelompok dan diantaranya ada yang memimpin kelompok tersebut.

7. Jerapah

Jerapah merupakan hewan yang memiliki leher panjang. Dengan leher yang panjang tersebut jerapah biasanya memakan dedaunan yang berada diatas pohon.

Jerapah jantan memiliki tinggi 4 sampai 5 meter serta memiliki berat mencapai 1.360 kilogram.

Leher yang panjang juga biasanya digunakan untuk pertahanan diri dari musuh. Dan biasanya digunakan untuk beradu dengan jantan lainya untuk merebutkan betina.

8. Badak

Badak merupakan hewan yang memiliki tanduk dibagian kepalanya. Hewan ini sudah terancam sangat punah.

Di indonesia sendiri, badak bercula hanya terdapat di taman marga satwa jung kulan. Marga satwa ini bertempat di provinsi banten.

Makanan favorit badak adalah dedaunan dan buah-buahan. Ketika dalam keadaan terancam, badak menggunakan cula nya untuk melindungi diri.

9. Kuda

Kuda adalah hewan berkaki empat yang memiliki kecepatan dalam berlari. Hewan yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk tranportasi seperti delman dan andong.

Sebelum adanya kendaraan bermotor, hewan ini dijadikan sebagai transportasi berberang. Makanan favoritnya adalah rumput dan dedaunan yang masih muda.

10. Anoa

Anoa merupakan hewan yang berhabitat di padang rumput dan sabana. Hewan yang satu ini berasal dari sulawesi tenggara.

Anoa adalah salah satu hewan yang terancam punah di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak yang memburu untuk diambil kulit, daging dan tanduknya.

Hewan pemakan tumbuhan ini bertahan hidup dengan berpindah-pindah tempat. Dan berkembang biak secara melahirkan, anoa hanya melahirkan satu anak saja tiap tahunnya.

Umur dari hewan ini biasanya berkisar 20 sampai 25 tahun dan mampu berkembang biak pada umur 2 tahun.

11. Tapir

Tapir merupakan hewan soliter, yakni hewan yang hidup menyendiri dan bersosialisasi dengan hewan lainya. Hewan ini memiliki tubuh dan moncong seperti babi, akan tetapi moncongnya panjang.

12. Unta

Unta

Unta merupakan hewan yang hidup di gurun pasir. Hewan ini memiliki punduk yang berfungsi untuk menyimpan makanan sementara.

Unta banyak ditemukan di daratan afrika, arab dan asia. Pada jaman dahulu unta adalah hewan yang dimanfaatkan sebagai alat transportasi. Tidak hanya itu unta juga biasanya dimanfaatkan susu dan dagingnya.

13. Zebra

Zebra adalah hewan yang memiliki belang hitam dibagian badannya. Hewan yang satu ini banyak ditemui di negara Afrika. Biasanya hewan ini berhabitat di padang rumput dan hidup secara berkoloni.

14. Kerbau

Kerbau merupakan hewan yang banyak dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah.

15. Domba

Domba adalah hewan yang mirip dengan kambing, oleh sebab itu banyak orang yang bingung membedakannya. Hewan ini cenderung memiliki bulu tebal dibandingkan dengan kambing.

Domba biasanya dimanfaatkan daging kulit dan bulunya. Makanan kesukaanya adalah rumput hijau yang masih muda.

16. Kangguru

Kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung pada badannya. Hewan ini memiliki 2 kaki yang digunakan untuk berjalan dan 2 tangan untuk makan.

Hewan ini juga merupakan hewan yang mampu melompat sangat tinggi dan memiliki kecepatan 12 sampai 45 mph.

17. Banteng

Banteng merupakan hewan ganas yang hidup di padang rumput. Hewan ini hidup secara berkelompok dan memiliki tinggi hingga 1,5 meter.

Bentuk tubuhnya menyerupai kerbau akan tetapi hewan ini sangat agresif. Berbeda dengan kerbau yang jinak, banteng kebalikanya.

18. Kijang

Kijang adalah hewan pemakan tumbuhan yang bentuk tubuhnya mirip dengan rusa. Hewan yang ini memiliki tanduk yang cenderung lebih cantik dan bercabang.

Hewan ini biasanya berhabitat di padang rumput dan hidup secara berkoloni. Dan banyak ditemukan di wilayah asia tenggara dan asia selatan.

19. Burung Merpati

Burung merpati adalah burung yang sudah tidak asing lagi. Unggas yang satu ini suka sekali memakan biji-bijian dan juga tanaman.

20. Bison

Bison adalah hewan yang memiliki bentuk fisik seperti banteng. Akan tetapi ukuran dan bulu antar keduanya berbeda. Bison memiliki bulu yang tebal dan memiliki postur tubuh yang besar. Sedangkan banteng berbulu tipis dan ukurannya lebih kecil dari bison.

21. Koala

Koala adalah hewan imut pemakan tumbuhan dan merupakan hewan marsupial (berkantung). Hewan ini banyak ditemui di negara Australia.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply